Update Hidup 6

Bosen ga sih ini blog ceritanya jalan2 terus? hahaha.. *padahal emang di dedicate buat travel blog* tapi berasa ga seru yahh klo ga ada cerita tentang gw.nya sendiri. ahahha*selfish* kyknya suka kurang personal touch gt.. Nahh.. ngomong2 personal touch nihh.. gw pengen ngomongin soal Personal Branding

Personal Branding 

Last week gw baru aja exam untuk sekolah MC gw.. gw dapet urutan ke 14.. liatin semua orng exam / presentasi duluan tuh deg2an bngt.. pdhl udah di ajarin gimana.nya biar ga deg2an.. pas masih giliran orng pertama sampe kelima sih masih biasa aja.. Nahh. pas giliran orang ke12, hati ini mulai berdegup dngn sangat kencang. Gimana nggak, examiner gw killer bngt! Apa yg di omongin berasa nusuk gt.. haha.. Well.. sebenernya bagus sii.. karena perkataan tajam-nya itu constructive feedback kok.. bukan yang ngatain asal2an.. Intinya dia akan ngomongin the whole package.nya kita.. dari kita bawain suatu acara, sampe total look kita..

Puji Tuhan exam aku lancar2 aja kmrn.. tapi yah namanya kan di nilai yah performance kita.. jadi masih aja gugup2.. kata temen2 sihh gw ga terlihat gugup.. tapi kata mas examiner, gw masih terlihat kurang santai.. Overall gw oke.. Katanya gw smart, gw expressive, pemilihan kata2 gw udah tepat.. tapi ada 1 yg need improvement, yaitu personal branding..

Nahh.. apa sih Personal Branding?

Personal branding adalah ‘aura / karakter’ yg kluar dr diri kita.. suatu tahap dimana orng2 ber-presepsi sesuatu atas diri kita.. Ya intinya mahh, kita mau di inget seperti orang yg kyk apa.. tapi personal branding itu harus konsisten.. ga boleh berubah2.. karena kalo berubah2.. ya berarti ga ada brandingnya dongg..

Contoh aja nii.. kalo Nadjwa kand brandingnya journalist smart.. kalo Jupe brandingnya sexy bohay. Syahrini itu glamour lebay.. kalo BeckTum kan elegant wedding.. Nahh. gw itu mau di kenal sebagai apa? apakah gw top of mind orng di category ini? Itulah yg katanya sedikit kurang dr gw..

Dulu tuh gw pengen bngt ikut2an kompetisi travel blog.. pengennya di kenal sebagai travel blogger.. mangkanya blog ini di buat.. dan dr sos-med juga gw pengen banyakin di travel2 aja.. tp yaa bnyk juga urusan personal di insta. haha..

Nahh.. ngomong soal sos-med nii.. penting ga sih mnurut temen2 untuk bikin blog / insta terpisah untuk kerjaan kita? kerjaan yg di maksud disini lebih ke yg kerjaan yg bukan corporate yaa.. kyk blogger misalnya.. atau entertainer atau designer gt2.. haha..

*FYI : Btw katanya.. Lady Gaga tuh personal brandingnya di buat lohh.. jd katanya dia ga nyentrik gt.. tapi di buat sedemikian rupa, biar orng kenal dia dngn gaya nyentrik gt. Gw pikir branding itu pure dr character kita aja.. ternyata nggak lohh.. personal branding itu bisa di arahkan juga.. hoho..

Sekolah ke Taipei

Less than 3 weeks, gw bakal move ke Taipeii.. omg.. deg2an jugaa.. hahaha.. gw baru dapet rumah tinggal untuk 3 bulan disana. dpt dari airbnb gt.. ternyata airbnb juga bisa loh di tinggalin 3 bulan gt.. dan owner.nya punya perhitungan sendiri, jadi jauh lebih murah drpd harga harian yg di pasang..

Kata temen gw yg tinggal di kota lain di Taiwan, katanya tempat yg gw pilih rada mahal.. harusnya bs dpt lebih murah.. tapi karena gw takut ga betah.. gw ga bs commit ke contract2 yg 6 bulan – 1 tahun gt.. jadi gw pilih aman dehh untuk tinggal di airbnb dulu, yg ga mengikat sama sekali..

Kalo temen2 ada yg punya kenalan di Taipei, boleh bngt lohh refer2 ke gw.. hehehe.. siapa tau mrk lagi cari housemate gt in the future. ahhaha. dan yg mau liburan ke Taipei, boleh bngt juga cari gw. haha.. tapi jngn expect gw jadi tour guide dulu yahh.. hehehe.

Rasanya bertambah umur 

Puji Tuhan minggu lalu, tuhan tambahin gw satu tahun lagi. di bday gw tahun ini, gw less galauu.. dulu tuh gw galau bener dehh kalo mau bday. Bday is the worst day of the year menurut gw.. Karena gw selalu mikir gw belom achieve apa2 dalam berkarir, tau2 udah makin tua aja gt.. haha.. guess i was too hard on myself.

Pas gw umur belasan, Bday is the most wonderful day of the year yaa.. stelah umur 18 tahun ke atas.. baru dehh galau2 masa depann. Mungkin karena liat temen2 yg seumuran bahkan lebih muda udah sukses, jadi berasa minder dan kesel sendiri aja gt. hahaha.

Well, balik lagi ke bday gw tahun ini.. Thank God that i still have my God to cling on, i thank God that i have wonderful family and many great great friends to celebrate with. I thank God juga gw sehat walafiat, ga kekurangan suatu apapun.. walopun tahun ini gw ‘kehilangan’ my ‘very best friend’, sempet galau2.. tapi gw yakin Tuhan udah siapin partner yg terbaik buat gw.. *aheyy.. hehe.. jarang2 nih gw ngomongin PH disini* dan I thank God juga buat semua kekuatan yg Tuhan kasih buat nge-rhido-in doi.. Thank God juga buat semua interesting opportunities tahun ini.. and im so looking forward for greater opportunities that God has in store..

Pokoknya Tahun ini gw mau yakin dan percaya ada new blessing, new favour, new joy, new love, new adventure that awaits for me.. Amenn!! hehe

sekian update hidupku kali inii.. happy November everyone! =)

28 thoughts on “Update Hidup 6

  1. Happy birthday ya Jen, hehehe 😀 . Wish all the best 🙂 .

    Iya ya, personal branding itu sebenarnya memang penting, terutama di pekerjaan yang mana kitanya harus tampil di depan banyak orang gitu, termasuk MC 😛 .

    Btw, iya tuh, sepertinya memang mending pakai yang AirBNB dulu. Nanti setelah disana kan bisa mulai hunting2 apartemen sendiri dan bisa dicek suka ato engga kan, hehehe 😀 . Good luck in Taipei!!

    Like

    • Thankss koo :))
      Iyaa sii.. Tapi katanya personal branding juga penting buat run business. Not sure how it actually works sii. Maybe Kyk maybe your personal branding match with the company apa nggak kali yaa.. Haha. Ya intinya lebih baik semua punya their own branding la katanya.. Haha..

      Like

      • Nyamber bentar ya Ci kok topiknya jd seru nih hihi. Pake contoh aja kali ya biar gampang ngebayanginnya. Kalo nyebut “aqua” kita tau pasti itu perusahaan penyedia air minum.. Gada yg gatau eventho dia emak2 kelas menengah ke bawah. Nah aqua ini personal brandingnya bisa kuat krn:
        1. Produk baru yg muncul di saat yang tepat
        2. Advertising dan marketingnya gila2an (lagu tema aqua waktu kita masih kecil, remember?)
        3. Konsisten!
        Makanya org2 menengah ke bawah itu walaupun merk airnya Vit, Cleo, Nestle, tetep aja bilangnya “aqua” krn itu yg kburu terpatri di otak mreka ^^

        Like

    • Thank you mann.. hehe..

      Mungkin karena di nilai dan tau bakal di komentarin kali yaa.. jd deg2an.. hahaa.. trus kand drdulu gw emang auto deduct aja. baru kali ini belajar cara professioal.nya gimana.. hehe..

      Like

  2. Belated happy birthday jen!
    Nggak nyangka loh soal Lady Gaga. Kirain dia emang nyentrik personalitynya! :O

    Soal IG, banyak teman aku di indo yang promo sana-sini soal kerjaan mereka, dan bagi aku itu fine2 aja asalkan jangan cuma promo doank IG-nya. Pakai personal touch lebih menarik. 🙂

    Goodluck in Taiwan! 🙂

    Like

    • Thank youu steph! =)

      iyaa.. kalo kata guru aku sih gt.. belom research lagi sih.. hehe..

      iyaa.. tp kadang, ada orng yg biat bngt. IG dia dan professi dia di beda-in gt.. biar lebih rapih kali yaa.. hehe

      Like

      • Betul juga sih. Kebanyakan temen aku di indo yang punya usaha sendiri memang bikin IG-terpisah, dan aku cuma follow their personal acc, soalnya paling males kalau IG penuh dengan promo sana sini. Selera setiap orang beda2 sih yahh 🙂

        Like

  3. Happy bday Ci jend!!! ^^ panjang umur dan sehat selalu ya~
    Gua jg ada nulis personal branding di blog gua. Ujung2nya kya “jualan diri” gt gak sih? Haha.. Soalnya kalo kita punya karakter yg menonjol, org bakal lebih gampang inget ma kita..
    “Eh lu kenal si X ga? Yg suka pake warna matching from head-to-toe itu lho!” Ya begitulah ^^

    Like

Leave a comment