Perpanjang Paspor Online 2019

Hello gengs! Beberapa minggu lalu aku baru aja perpanjang passport online nih. Awalnya agak bingung, karena gak pernah perpanjang passport di Indonesia, dan system online-nya ternyata gak compatible sama product Apple. Tapi setelah download di android adik aku, ternyata prosesnya gampang banget! Jadi aku mau share disini nih, gimana sih kemarin aku perpanjang passport online, semoga membantu yahh.. hehe

Step 1 – Bikin Akun di Website Imigrasi Online

Screen Shot 2019-02-18 at 1.12.17 PM

Setelah masuk ke website http://www.imigrasi.go.id/, klik ke icon ‘Layanan Antrian Passport Online’ dan langsung aja ikutin step by step pendaftarannya. Disana nanti akan di suruh buat username, password, details nama lengkap, alamat tempat tinggal, email, nomor HP dan nomor KTP.

Setelah berhasil bikin akun lewat laptop. Waktu itu aku berusaha banget buat daftar antri lewat website antrian passport, yang ternyata gak compatible dengan produk apple.

Step 2 – Download ‘Antri Paspor’ di google play 

Akhirnya aku pun minjem android adik aku dan download deh. Disini tinggal isi username sama password kamu aja, terus nanti tinggal klik ke ‘Antri Paspor’ dan pilih deh imigrasi terdekat kamu. Setelah itu akan di tanya pilihan waktu, ‘Pagi atau Siang’, berapa pemohon dan yg lainnya. Setelah berhasil, kamu akan langsung di berikan QR code seperti di bawah ini. Jangan lupa screenshoot atau save as PDF untuk di bawa nanti ke kantor imigrasi pilihan kamu.

*biasa cek jadwal antri pagi2 yah, soalnya kalo sore-malem gt udah gak bisa biasanya..

Screen Shot 2019-02-18 at 1.39.06 PM

Screen Shot 2019-02-18 at 2.20.18 PM

Step 3 – Ke Kantor Imigrasi (Isi form applikasi)

Langsung datang aja ke kantor imigrasi di hari dan waktu yang sudah di tentukan. Lalu, langkah pertama yg kamu harus lakukan ketika sampai adalah, ke layanan informasi di sebelah kiri kamu. *Akan sedikit kyk pasar, karena semua orng mau berebut tanya, jadi kamu sabar2 aja yah..

Disana, bilang aja kalo km udah bikin appointment online di jam tersebut (misalnya jam 2-3pm), nanti dia liat dulu QR code kamu, terus bakal kasih form untuk kamu isi kembali. Jadi jangan lupa bawa pen hitam atau biru , terus harus inget nama panjang orang tua, alamat plus tanggal ulang tahun mereka yah!

Step 4 – Antri untuk dapat nomor antrian disana 

Setelah isi form, nanti kamu tanya lagi harus kemana.. haha.. soalnya yah gt dehh, emang agak bingung, tapi masih oke kokk.. hehe..

Nah, setelah isi form, kamu akan di antri-in disini, jadi kamu akan antri sambil duduk gt. Kamu akan di panggil satu2 dari sana. Misalnya satu orang di panggil maju, nanti duduknya geser satu juga. Begitu terus deh sampe kamu maju ke depan ketemu mba cantik / mas ganteng disana.. hehe..

Sesampainya di depan, kalau kamu perpanjang passport aja, hanya akan di tanyain QR code yang kita punya, karena si mba / mas ini yang akan nge-scan ternyataa, lalu butuh passport lama dan KTP aja (bawa asli dan photocopy) TAPI siapin juga Kartu Keluarga sama Akte Lahir (asli dan photocopy). Antri disini gak lama kok, karena mba/mas nya lumayan gercep.

Step 5  – Antri untuk di ambil sidik jari dan foto 

Setelah di antri disana, nanti kamu akan di kasih dokumen ini, yg sudah di rapihkan sama petugasnya.. Lalu kamu pindah deh antri kedalam, dan tinggal tunggu aja sampe nomor kamu di panggil. Step yg ini juga lumayan cepat, karena bnyk loket petugasnya. Tapi agak berasa aneh aja, karena dia cantumkan juga nama panjang kita di layar. haha.. Kalo yg mau modus kenalan, bisa lngsung tau nama lengkap deh.. HAHA.

Nah, setelah di panggil, kamu akan di tanyain KK sama Akte Lahir disini.. Ini tergantung petugasnya, ada yang tanyain ada yg nggak. Tapi kalo kamu mau buat passport baru / pertama kali buat passport, semua nya itu pasti butuh yah, bukan option lagi.. bahkan butuh dokumen lain, tapi aku gak hafal, jadi cek di website nya lagi yang guyss.. hehe..

Setelah itu, kamu akan di ambil sidik jari dari kesepuluh jari kamu. dan ambil foto. Step ini agak sedikit lama, karena alatnya agak sulit baca sidik jari kitaa.. haha..

Step 6 – Antri untuk dapat Slip Pembayaran 

Setelah di ambil biometrik, kita di suruh tunggu lagi. Karena dia lagi lagi rapihin dokumen kita, untuk di masukin ke slip pembayaran. Duduknya jngn jauh2 dr counter kamu, soalnya mrk akan panggil nama kita manual, gak pake machine lagi..

Kemarin aku dapet nya yg 48 lembar, passport yang biasa aja, karena e-passport nya lagi kosong dari November 2018. =( Mudah2an pas kamu apply, udah ada e-passport nya deh yah.

Untuk passport yg baru, aku bayar  :

300 ribu (untuk passport biasa) + 55 ribu (jasa biometrik – foto dan sidik jari)

= Rp 355.000

Dan berikut cara2 kamu membayar passport nya..

Jenis Paspor Keterangan Biaya
Paspor Biasa 48 halaman untuk WNI/orang. Rp300.000
Paspor Biasa 48 halaman untuk pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku dan disebabkan oleh kelalaian. Rp600.000
Paspor Biasa 48 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam. Rp300.000
Paspor Biasa 24 halaman untuk WNI/orang. Rp100.000
Paspor Biasa 24 halaman untuk pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku dan disebabkan oleh kelalaian. Rp200.000
Paspor Biasa 24 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam. Rp100.000
Jasa penggunaan teknologi sistem penerbitan paspor berbasis biometrik. Rp55.000
e-Paspor 48 halaman untuk WNI/orang. Rp600.000
e-Paspor 48 halaman untuk pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku dan disebabkan oleh kelalaian. Rp800.000
e-Paspor 48 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam. Rp600.000
e-Paspor 24 halaman untuk WNI/orang. Rp350.000
e-Paspor 24 halaman untuk pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku dan disebabkan oleh kelalaian. Rp400.000
e-Paspor 24 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam. Rp350.000
Jasa penggunaan teknologi sistem penerbitan paspor berbasis biometrik Rp55.000

Step 7 – Pengambilan passport

Kamu harus bayar within 30 hari, kalo nggak pengajuan kamu otomatis akan di tolak. Kalo aku kemarin sih, langsung bayar di ATM BCA deket rumah, dan langsung jadi 4 hari kemudian. Aku apply hari Kamis (31 Jan), dan di SMS hari Rabu depan (6 Feb) kalau passport sudah bisa di ambil kapan saja.

Jadi Jumat (8 Feb) pagi nya aku langsung aja ambil. Berikut syarat pengambilannya.

Di booth pengambilan ada 2 loket gt. Loket pertama adalah dimana kamu langsung aja taruh slip pembayaran BCA dan bukti pembayaran kamu di tempat yg sudah di sediakan. Stelah itu, bisa duduk manis deh untuk antri. Nanti ada petugas yg ambil slip pembayaran kamu, terus nama kamu akan muncul di layar kecil, nah disana lah kamu bisa liat nomor antrian kamu.

Setelah di panggil, tinggal cek passport baru kamu, dan tanda tangan dehh! Gampang bngt! Layanan online passport ini bener2 mudah sih sbenernya, walaupun awalnya agak ngebingung-in.. haha..

Aku suggest, kalo udah sampe kantor imigrasi di sini sering2 tanya security nya deh, karena kalo sotoy, bisa2 kamu antri yang harusnya gak antri.. Soalnya bnyk kejadian di orang lain pas aku antri disana.. hehe.. Semoga membantu yah gengs =)

6 thoughts on “Perpanjang Paspor Online 2019

  1. Membantu banget ya Jen kalau bisa daftar online gitu, walaupun kayaknya masih banyak antrinya juga ya, hahaha 😀 . Ahhh, mupeng nih sama e-passport. Sayang di Kedutaan sini masih belum bisa.

    Like

    • Iyaaa. Gak bisa di apple lagii koo.. haha.. yahh. Step by stepp dehh. At least udh mempermudah apply passport.. ehh, jngn sedihh.. disini juga sering habiss e-passport nya. Jd cuman segelintir orng aja yg dpt e-passport. Haha

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s