Apply Visa Australia Online – Lebih Murah 500,000 dari Agent

Hello Temands,

Dua minggu lalu aku baru apply visa Australia – via online gituh, dan ternyata apply online itu sangat mudah, walaupun agak banyak juga documents yang harus di attach (hampir sama kayak apply via agent). Plus applying online itu ternyata super cepet loh, Jadi aku baru submit application di jam 10 malem tgl 26 May 2019, terus langsung di approve 4 hari kemudian, dan langsung dapet visa buat 3 tahun! *yeayy. hehe

Jadi aku mau share nih gimana caranya apply online, mudah2an membantu yahh gais.. hehe

1. Create ImmiAccount 

Klik ‘Create an ImmiAccount’ dan isi semua yang di bintang-in yah! cuman ada 2 lembar kok. Kyknya create FB account aja lebih panjang process nya. haha.. Tapi di page ke 2 itu, kamu harus create username, password, dan security questions.

Nah, kalo kamu punya memory dory kayak aku. Mendingan di catet deh semuanya, karena kamu perlu log-in terus nanti kedepannya.

Screen Shot 2019-05-31 at 11.20.24 AM

Screen Shot 2019-05-31 at 11.22.06 AM

Nah, habis create ImmiAccount, nanti kamu di kirimin email confirmation. Jadi harus klik link-nya itu dulu, baru account kamu bisa active.

2. Log in to ImmiAccount 

Setelah account kamu active, kamu bisa langsung Log-in ke ImmiAccount. Nah, di page ini aku saranin kalian buat perhatiin maintanance nya deh. Takutnya udah cape-cape isi, ehh lagi maintenance, sayang, takut gak ke save. Ntah knp berkali-kali log in, selalu aja ada maintance berkala. haha

Screen Shot 2019-05-31 at 11.23.08 AM

3. Submit New Application – Visitor Visa

Nah, setelah logged in, kamu akan di hadapkan dngn banyak pilihan. Sama kyk jodoh, bnyk pilihan, tapi cuman satu yg kamu perlu. HAHA

Jadi langsung aja Pilih tab Visitor –> Visitor Visa (600) , terus centang deh agree to the terms and condition, habis itu kamu tinggal isi deh 18 halaman applikasi-nya.. Jangan lupa di save yahh kalo mau exit. Soalnya kemarin aku pikir mereka auto-save, ternyata tidakk! *nangis di pojokan.. huuu

Dan, jangan di diem-in kelamaan yah.. dia bakal auto logged out juga kalau kita gak lanjut isi applikasinya. *another faint moment.. Jadi total kemarin aku ngisi tuh lama bngt.. ada kali 1 minggu cuman buat isi applikasi doang.. karena pas lagi sibuk juga di kantor, dan malem udah males isi. haha

Screen Shot 2019-05-31 at 11.25.32 AMScreen Shot 2019-05-31 at 11.25.51 AM

 4. Attach File Supporting Document 

Setelah mengisi 18 pages, skrng kamu harus scan / foto semua particulars kamu untuk di upload. Nah, yg ini PR juga, karena lumayan bnyk yg harus di scan.. In my case sih, aku cuman foto aja, di flaylay gt terus aku crop yg lurus.. hehe.. abis gak ada scanner di rumah.. Paling passport yg aku minta temen aku scan-in, soalnya semua lembar yg ada cap dan visa harus masuk juga.. dan apparently susah buat foto passport, karena takut passportnya susah di tekuk2 gt.. hehe

  • Evidence of current employment or self-employed 
    Yang ini aku sih cuman attached surat cuti yang udah di approve guys.. dan ada tulisan kalo aku bakal balik lagi kerja setelah pulang liburan.. klo km self employed, harus attached SIUP.. jadi lebih bnyk lg yg harus di attach.. hehe
  • Evidence of planned tourism in Australia
    Nah, ini aku cuman attached rough itinerary aku, tapi lengkap tuh, pagi mau ngapain, siang ngapain, sampe resto yg kira2 aku mau kunjungin juga aku taruh.. hehe.. Dan aku gak attached flight ticket sama hotel, karena emang belum beli semua dan hotel booking bukan atas nama aku. sempet deg2an takutnya di tanyain.. untungnya cukup info-nyaa.. hehe..
  • Travel Document
    Ini di scan semuanya yg ada cap sama visa nya yah gais..
  • Evidence of financial status and funding for visit
    Disini attached 3 bulan bank statement yg aku minta dari bank aku + di legalisir yahh.. Dan disini aku sih gak minta reference dari bank.. jadi purely 3 bulan bank statement aja.
  • Family Register and composition form
    Attached Kartu Keluarga kamu disini. Bbrp bilang harus attached birth certificate juga. Tapi aku nggak sihh.. hehe
  • Photograph
    Aku attached pass foto yang baru aja disini dngn background nya putih. Bukan foto passport kamu. hehe.
  • National Identity Document : KTP Indonesia Raya kita terchintaa..

Screen Shot 2019-06-11 at 12.53.31 PM

5. Payment 

Setelah semua sudah di submit, waktunya pembayaran gengs.. Dia ada tawarin pembayaran via paypal atau VISA.. Nah, aku bayar nya pake kartu VISA aku. Dua-duanya sama, mereka akan charge kamu sebesar AUD 140, plus surcharge fee kalo gak salah.. hehe..

140 AUD = 1,379,000

Dan kalau lewat agent yg aku check, mereka akan charge kamu IDR 1,930,000.

Pokoknya setelah aku hitung kurs, kalo apply online, kamu akan hemat sekitar 500,000 – 550,000 rupiah daripada apply lewat agent.

Screen Shot 2019-05-31 at 11.30.15 AM

6. Acknowledgement and waiting time

Ketika pembayaran sudah selesai, kamu akan langsung terima acknowledgement letter bahwa Australian Embassy sudah menerima application kamu. Dan skrng kamu tinggal nunggu aja deh..

For my case sih, aku gak nunggu-nunggu amat. Karena mikir mungkinbakal 2 mingguan kali yah baru di appove. Soalnya sempet tanya travel agent, terus dia bilang visa approval biasanya 15-30 working days.

7. Approval

Dan ternyataaa, hari 4 aku di approve gengs! Dan puji Tuhan lngsung dapet 3 tahun! hehe.. Jadi lngsung mau ke Hillsong conference deh. HAHA.

1B738733-81BB-4DE6-B990-A318A924CB6C

Nah, Visa yang kita akan dapatkan adalah electronic visa, karena kita gak kirim passport kita kemana-pun kan.. Jadi nanti mereka akan email kita e-visa nya, dan kita tinggal print aja.. hehe.. Mereka pun udah ada data base kita di system, but just to be save, mendingan di print sebelum kita pergi, dan kirim ke bbrp email. takut hilang akutu.. HAHA. 3 tahun kadang2 takut misplaced kann. hehe..

Laluuu.. Ternyata Visitor pass nya bisa buat belajar apapun selama 3 bulan! Sumpah bngt, jadi mikir, apa ambil short course gt yah 3 bulan di Ausi.. hehe.. Kalo ada yg tau2 sekolah atau Institution yg suka buka short course gt, mau dong di sharee.. hehe..

Mudah2an postingan ini membantu kamu-kamu yang mau apply visa Ausi yah! ❤

9 thoughts on “Apply Visa Australia Online – Lebih Murah 500,000 dari Agent

  1. Asyiknya Jen! Dan praktis ya apply-nya online gitu, lebih ringkas plus tanpa biaya middle man juga, hahahaha 😆 .

    Jen itu berarti trus paspornya mesti dikirim ke embassy-nya buat ditempelin visanya?

    Like

    • iyaa.. ringkess bngt koo..

      Nggak harus di tempel di passport, jadi dia kirimin e-visa githu ke email kitaa.. tinggal di print, karena mrk juga udah ada di database.. so practical.. hehe

      Like

Leave a comment