COVID19 – SINGAPORE TIGHTEN PRECAUTION (UPDATE : NO MORE SHORT TERM VISITORS FOR NOW)

LATEST UPDATE :

I’m sorry to tell you that below info is no longer valid =(

You can check THE FULL ARTICLE HERE

STAY HEALTHY EVERYONE! THIS TOO SHALL PASS! ❀

Seperti yang kita ketahui, virus COVID19 merebak cepat di dunia, sampai beberapa negara harus memutuskan untuk lockdown – suatu keadaan emergency dimana kita lebih aman untuk berdiam di dalam rumah, atau berdiam di satu area saja. Basically people are not allowed to move freely for safety reason, because it might threaten other people’s lives.

Inget banget January kemarin, aku masih bisa travel, dan masih berpikir ‘Ahh, kayaknya Virus ini akan cepat berlalu.. Dulu-dulu juga Indo aman-aman aja atau gak sampe gimana banget dari Virus.’ Memang manusia yah, kadang suka menganggap enteng sesuatu yang dia tidak paham betul.

Fast Forward ke dua bulan mendatang. Sekarang Negara China, Korea Selatan, Italia, Denmark, Spanyol, Irlandia dan bahkan Malaysia, sedang menerapkan sistem Lockdown, as an act to stop the spreading of COVID19. Nah, sekarang aku mau bahas soal Singapore, negara yang cukup dekat di hati aku. Kenapa? Yah kebetulan aku pernah tinggal lama disana, dan masih sering ada keperluan disana. Singapore tidak me lockdown diri, tapi meningkatkan precaution mereka yg mnurut aku jadi sangat ketat..

Cukup panik awalnya ketika Singapore mengeluarkan pengumuman ini. Kenapa panik? Karena seharusnya aku pergi kesana bulan depan untuk MC gig aku. Kalau client kekeuh untuk acaranya tetap berjalan di hari yang sudah di tentukan. Aku pun akan sebisa mungkin comply to their request. Jadi mulai deh tanya sana-sini gimana caranya buat masuk Singapore? Kalau sudah isi requisite health information, masih tetap harus menjalani 14-day-stay-at-home? Soalnya kan aneh juga.. Misalnya cuman mau ke Singapore 3 hari aja, tapi harus stay at home 14 hari dulu.. Hmmpp.. Kalau orang-orang yang stay di hotel, boncos bngt gak sih? Dan yg mau kasih kita makan siapa kalau kita tinggal sendirian disana? *misalnya kita masih tinggal disana sebagai pelajar atau pekerja, tapi tinggalnya sendirian..

WhatsApp Image 2020-03-15 at 5.33.07 PM

Ya, kebetulan kemarin dapet kabar kalau client aku yg di singapore akan postponed acaranya ke tahun depan, karena COVID19 dan karena banyak sanak saudara yang dari mana-mana juga. Jadi sudah gak perlu bingung lagi gimana ke Singapore nya.

Tapi karena aku sudah mencari tau, dan di kasih tau juga sama beberapa temen disana. Aku share aja yah disini.. Siapa tau ada temen-temen yg tetep butuh ke singapore, seperti oma perlu bantu mewarat cucu yang baru lahir (biasa disana kan gak ada mbak soalnya) atau butuh ke singapore karena urusan pribadi yang harus di selesaikan segera.

Jadi, terhitung tangal 16 Maret 2020 (Hari Senin Kemarin), semua pendatang / tourist harus mengisi HEALTH INFORMATION dari SINGAPORE’S MINISTRY OF HEALTH.

Link nya CLIK DISINI YAHHH !

Nah, mereka akan cek health information kamu..

  • Masa approval 14-21 hari, dan ada kemungkinan kamu tidak di approve juga. Jadi seandainya kamu perlu banget ke Singapore, aku saranin isi dulu, baru beli tiket pesawatnya setelah di approve.
  • Lalu, pastikan kamu ada tempat dimana kamu bisa 14 day stay at home.
  • Surat approval akan di kirimkan ke email yg tertera di form, jadi jangan sampe salah ya tulis emailnya.
  • Jika kamu pergi berdua, berarti harus submit 2x yah formnya. Semuanya individual dan gak bisa di gabung
  • Setelah di approve, tolong di print dan di bawa saat kamu berada di immigrasi Singapore.
  • Kalau kamu tiba2 ada medical condition yang baru, kamu harus isi ulang form tersebut. Dan waktunya akan di reset lagi. jadi kamu harus nunggu 14 hari lagi untuk approval =(
  • Dan sesudah di approve, kamu harus ke Singapore within 14 days after approval. karena kalau lebih dr itu, health information kamu sudah gak valid lagi di mata mereka.

Menurut aku sih, Singapore sih kyk declaring travel ban yah terhadap Negara ASEAN dan beberapa negara lainnya, tapi yah secara halus aja.. haha.. But yeah i always admire Singapore on how they protect their city-state. Beneran jor-jor-an gituh.

Hopefully this post will somehow help you, and please PRAY so this COVID19 will go away soon, and we can travel freely again. Dan tentunya biar semua yang sakit bisa cepat sembuh, dan perekonomian dunia ini cepat sembuh juga yahh.

STAY HEALTHY EVERYONE ! ❀

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s